Tim Peliputan Diskominfo Gunungkidul Fasilitasi Kegiatan Pengecekan Pos Pengamanan Lebaran 2024

Minggu, 07 Apr 2024, 14:52:22 WIB, 15 View

Gunungkidul- Tim peliputan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul fasilitasi dokumentasi dan rillis berita kegiatan Bupati Gunungkidul Sunaryanta bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) melakukan pengecekan Pos pengamanan lebaran. Peninjauan dilaksanakan di tiga titik.

Pemantaun titik pertama dilaksanakan di Pospam Terminal Dhaksinagra, dilanjutkan Pospam Siyono Harjo dan terakhir pengecakan langsung di Pospam Hargodumilah, Patuk.

"Menurut laporan petugas yang berjaga di Pos sudah ada peningkatan volume kendaraan tapi belum signifikan," kata Sunaryanta, Jumat (5/4/2024).

Bupati mengatakan, petugas penjaga pos pengamanan lebaran diminta menjaga kesehatan, memakai masker selama melaksanalan tugas. Pihaknya menilai Pospam yang dikunjungi memiliki persiapan baik dan kondusif.

"Kerjasama dan kerjakeras temen-temen lintas sektoral sudah terbangun sangat baik"paparnya.

Dalam kesempatan ini juga diserahkan bingkisan dari Pemkab Gunungkidul kepada perwakilan instansi yang bertugas di pos pengamanan lebaran.  Sebagai upaya persiapan logistik selama penjagaan.

"Saya himbau kepada para petugas khusunya yang berjaga di Pos Pengamanan Hargodumilah untuk mengantisipasi kendaraan tidak kuat menanjak," papar Bupati.

Sebelumnya, Kapolres Gunungkidul, AKBP Edy Bagus Sumantri mengatakan, meski menjadi agenda rutin, pengamanan khusunya kamtibmas harus diperhatikan. Setiap tahun situasi kamtibmas di Gunungkidul dikatakan selalu mengalami perubahan.

Orang nomor satu di Kepolisian Resort Gunungkidul ini mengatakan, nantinya akan didirikan 6 pos keamanan dan 1 pos pelayanan. Pos ini akan diisi oleh petugas dari berbagai lintas sektoral. Mereka akan berjaga selama 24 jam.

"Jadi harapan saya bertugas dipos itu tidak hanya duduk semata, tidak melakukan apa apa,  tapi melakukan pemantauan, patroli dan antisipasi kamtibmas," papar Edy.

Lebih lanjut Edy mengatakan, operasi Ketupat Progo 2024 akan melibatkan 675 personil yang terdiri dari Polri 486 personil, TNI 42 personil, Dishub 21 personil, Dinkes 21 personil, Polpp 42 personil, PMK 6 personil, SAR 50 personil dan PLN 6 personil.

Dalam hal ini, tim peliputan Diskominfo Gunungkidul akan terus memberikan update informasi seputar lebaran 1445 Hijriyah.