Podcast Sapa Warga bersama Panewu Paliyan , Sektor UMKM Berdampak Signifikan terhadap Peningkatan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Selasa, 23 Apr 2024, 18:43:47 WIB, 24 View

Gunungkidul - Sektor UMKM yang didorong dan dikembangkan di Kapanewon Paliyan mampu berdampak sangat signifikan terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Dasno Panewu Paliyan dalam obrolan sapa warga LPPL radio Swaradhaksinarga, Selasa (16/4/2024) malam.

Kapanewon Paliyan dengan  keterbatasannya harus mampu bangkit dan memaksimalkan potensi yang ada. Hal tersebut diuntungkan dengan kondisi geografis sebagai jalur wisata, meskipun hanya memiliki 40 persen lahan yang di fungsikan sebagai lahan pertanian dan hunian. Selebihnya 60 persen adalah lahan hutan.
Salah satu sektor UMKM yang terus dikembangkan tersebut diantaranya adalah Batik tulis . Batik ini selain sebagai ikon  yang juga banyak di kenakan warga masyarakat,  juga mampu berekpansi di pasar luar daerah, batik ini pun mampu menjuarai dalam kompetisi di tingkat Provinsi.

Sektor lainnya pun juga terus dikembangkan dengan berbagai dukungan baik  pendanaan yang bersumber dari danis dan lainnya. Seperti pengembangan sektor pariwisata religi dan Budaya, perlahan tapi pasti telah mampu berdampak  pada meningkatkan pendapatan masyarakat.

Dalam Upaya peningkatan IPM,  di kapaneon paliyan masih belum memiliki sarana pendidikan tingkat SLTA, melalui musyawarah rencana pembangunan kedepan harapnya hal ini dapat  tewujud.

Dengan terus di kembangkanya potensi potensi yang ada ini harapanya akan semakin meningkatkan kesejahteraan dan terus mendorong partisipatif masyarakat. Sehingga masyarakat tidak menjadi penonton di wilayahnya sendiri, seperti harapan  yang selalu di sampaikan oleh Bupati