Patuk dikepung CCTV

Senin, 17 Jun 2019, 13:52:46 WIB, 5945 View

Wonosari - Mulai hari ini (Senin, 17/06-pen) akses masuk ke Kabupaten Gunungkidul dari arah barat atau di koridor satu yang melalui Kecamatan Patuk dapat dipantau secara online melalui perangkat teknologi Close Circuit Television (CCTV). Hal tersebut karena setidaknya ada enam titik lokasi yang telah dipasang jaringan CCTV oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gunungkidul.

Dikemukakan, Setyo Hartato, Kasi Infrastruktur Diskominfo, bahwa di satu lokasi pintu masuk ke Gunungkidul telah terpasang CCTV dan terkoneksi dengan jaringan Dinas Kominfo Kabupaten Gunungkidul. “ Kami memasang enam CCTV di Patuk yang terdiri atas; dua (2) CCTV pemantauaan wilayah perbatasan, dua (2) CCTV artifisial intelegen dan dua (2) CCTV pemantau arus lalu lintas, kedepan secara bertahap akan dikembangkan di pintu masuk ke Kabupaten Gunungkidul yang lain ”,katanya.

Apa yang disampaikan oleh Setya tersebut diamini oleh Kabid Yaninfo, Suyanto, sebenarnya Dinas Kominfo sejak tahu 2017 telah memasang CCTV di beberapa lokasi meliputi wilayah Kota Wonosari dan obyek wisata Gunungkidul termasuk pada perangkat daerah yang melaksanakan tugas pelayanan langsung kepada publik atau masyarakat. Pemanfaatan teknologi CCTV tersebut sebagai salah satu rintisan dalam membangun Data Center dan Command Center oleh Dinas Kominfo di Kabupaten Gunungkidul.

Harapannya dengan terintegrasikannya jaringan ini kedepan layanan publik dapat semakin mudah, murah dan cepat dalam memberikan akses informasi maupun dalam memberikan pelayanan terkait kegawatdaruratan lainnya.