Hasil Raker Penanganan Covid-19 Bersama DPRD, Ada Rekomendasi Larangan Kegiatan Sosial

Selasa, 22 Jun 2021, 11:40:01 WIB, 71 View

Wonosari - Rapat Kerja Koordinasi Gugus tugas penanganan Covid -19 DPRD bersama Bupati dan dihadiri Kepala OPD, Kamis (17/6) di Ruang Rapat Dewan dipimpin ketua DPRD Endah Subekti Kuntariningsih.

Sesuai dengan tugas pokok fungsi dan budgeting rapat kerja ini untuk mendengarkan dan mengetahui adanya laporan pertanggungjawaban penggunaan dana sesuai arahan pemerintah pusat tentang refocusing anggaran dari kuasa pengguna anggaran sehingga bisa diketahui dari jawaban OPD sehingga dapat disampaikan rekomendasi sehingga dapat lebih maksimal dalam mengambil kebijakan dalam penanganan lonjakan penyebaran pandemi covid -19. 

Rapat yang berlangsung sejak pukul 15.00 WIB dan selesai pukul 19.00 Wib,dengan melontarkan pertanyaan kepada masing masing OPD dan mendengar jawaban langsung ini telah disimpulkan oleh Ketua DPRD yang menghimbau untuk dapat lebih diupayakan penegakan prokes di semua kondisi maupun di perkantoran

tempat usaha, pariwisata dan tempat ibadah, meskipun sebelumnya upaya keras dari seluruh komponen telah secara maksimal pengupayaan program dan kegiatan penanganan penanggulangan penyebaran vovid-19.

Selain itu harapanya Intensifikasi koordinasi satuan tugas dapat lebih entesif dilaporkan agar ada evaluasi secara periodik. Mempercepat vaksinasi dengan sasaran lansia menjadi target utama program pemerintah dapat dilakukan dengan jemput bola.

Jika masuk dizona merah baik ditataran Kapanewon, Kalurahan, Dusun dapat dilakukan penutupan sementara dan meniadakan kegiatan- kegiatan sosial sebagai upaya menurunkan tingkat penyebaran 

Lebih intensif mengaktifkan posko penyekatan seketat-ketatnya. Hal lain Ketua DPRD juga menyinggung untuk melakukan review ketersediaan angaran jangan sampai ada temuan BPK karena serapan yang kurang maksimal.

Keterlibatan forkompimda Tokoh masyarakat, TNI, Polri dan Pol.PP terus dilakukan dan diperkuat sinergitasnya,Mempersiapkan shelter tingkat Kalurahan dengan standar covid. Hal lainya untuk dapat mensinkronisasi dan harmonisasi sistem pencegahan covid-19 Mengintegrasikan birokasi dan menghindarkan egosektoral.

Mediapun tidak luput dari peranya untuk ikut mencegah pemberitaan - pemberitaan negatif.

Ditambahkan oleh Wakil Ketua Heri Nugroho, SS bahwa dalam penanganan covid-19 ini menjadi kunci penting adalah bagaimana upaya pemerintah daerah harus membangun karakter masyarakat dan menyadarkan akan pentingnya prokes.

Bupati H.Sunaryanta dalam sambutannya mengatakan pembahasan mengenai aturan dan kebijakan, Sekda akan membahas lebih spesifik, sehingga harapannya aturan yang terbit jangan sampai dari pembuatan aturan akan bertentangan dengan aturan yang ada. “ Dengan kejadian ini jangan panik kita akan bekerja sesaui aturan, sebagai antisipasi kontigensi dapat menggunakan gedung budaya, maupun gedung sekolah.

Rapat kerja di hadiri Ketua DPRD Endah Subekti Kuntatiningsih,SE, Wakil Ketua Heri Nugroho, SS., Bupati H.Sunaryanta., Sekda Ir. Drajad Ruswandono,MT serta Kepala Kepala OPD dan Kepala Badan. 

Sumber www.gunungkidulkab.go.id