Diskominfo, Integrasikan Jaringan dan Data di Gunungkidul Tahun 2020

Jumat, 17 Jan 2020, 08:16:49 WIB, 166 View

Wonosari - Kamis (16/1), bertempat di RuangRapat V Komplek Setda Kabupaten Gunungkidul, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul melaksanakan rapat koordinasi yang bertujuan untuk menyukseskan program-program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2020. selain itu juga membahas integrasi jaringan dan data milik OPD dengan Dinas Komunikasi dan Informatika, serta peran strategis kecamatan sebagai penunjang utama akses internet pada wilayah kecamatan.

Pertemuan tersebut dihadiri perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Dalam sambutannya, Kelik Yuniantoro, Kepala Dinas Kominfo menekankan perlunya terobosan-terobosan dan inovasi terhadap infrastruktur yang telah dibangun, sehingga manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh ASN, namun juga oleh masyarakat luas. Dengan telah dibangunnya Data Centre, diharapkan yang dilanjutkan dengan integrasi server-server milik pemerintah, kedepan pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat dan efisien.

Ditambahkannya Pembangunan Data Centre juga memiliki tujuan agar perawatan server dapat menjadi lebih murah karena seluruh server berada didalam satu lokasi yang sama.

Pada kesempatan terpisah, Setiyo Hartato, Kepala Bidang Layanan Informatika Dinas Kominfo, dalam paparannya menegaskan bahwa seluruh infrastruktur yang terpasang di kecamatan, bukan hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kominfo, namun kecamatan juga harus turut peduli dan memiliki tanggungjawab terhadap infrastruktur yang telah dibangun. Pengecekan pondasi tower secara rutin, dan pengecatan tower merupakan contoh perawatan yang dapat dilakukan oleh kecamatan.

Sehingga infrastruktur yang dibangun dalam kondisi baik dan akses internet tidak terganggu sehingga pelayanan masyarakat menjadi optimal, Mengingat kecamatan merupakan pusat jaringan internet bagi Puskesmas, Desa, dan UPT di kecamatan tersebut .tegasnya.