Pemanfaatan Sertifikat Elektronik Pada Dokumen Kependudukan

Senin, 11 Februari 2019

Suradiyana

Artikel

Dibaca: 243 kali





Dalam kehidupan bernegara, setiap warga negara wajib memiliki dokumen-dokumen terkait dengan kewarganegaraan atau kependudukan, dokumen tersebut sebagai dasar untuk pengurusan berbagai dokumen lainnya. Akta merupakan dokumen kependudukan yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh semua penduduk di Indonesia. Akta merupakan pengakuan Negara atas status keperdataan seseorang baik dalam hubungan kekeluargaan maupun dalam hubungannya dengan pelayanan legal lainnya. Akta-akta yang dimaksud meliputi akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan dan akta perceraian. Dokumen lainnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) salah satu identitas legal bagi penduduk yang menjadi bukti bahwa orang tersebut diakui sebagai penduduk di suatu wilayah administrasi di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut pemerintah, secara bertahap telah melakukan langkah-langkah pengamanan data dan informasi terhadap dokumen-dokumen kependudukan.

Sebagaimana press release yang dikeluarkan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI pada tanggal 31 Januari 2019 yang lalu menyatakan bahwa pada tanggal 19 November 2018 telah ditandatangani nota kesepahaman antara Kepala BSSN dengan Menteri Dalam Negeri tentang keamanan TIK serta pemanfaatan NIK dan KTP elektronik.

Berdasarkan nota kesepahaman tersebut pada Hari Kamis (31/1/2019), di Kantor Dirjen Dukcapil Gedung E, Jakarta Selatan, Sekretaris Utama BSSN RI, Syahrul Mubarak menandatangani perjanjian kerjasama dengan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakhrulloh tentang Sertifikat Elektronik pada Sistem Elektronik di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Pilot project yang dilakukan adalah penggunaan tanda tangan elektronik pada pembuatan akta kelahiran dan akta kematian, Untuk rencana jangka panjang di masa mendatang tanda tangan elektronik akan diimplementasi untuk seluruh pemerintah daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk akta lahir, akta kematian, surat pindah, dan kartu keluarga. Untuk keperluan pengembangan fungsi tanda tangan elektronik ke berbagai sektor lainnya, harapannya BSSN mendapatkan kemudahan mengakses data kependudukan untuk keperluan verifikasi identitas pada sertifikat elektronik. BSSN sangat berharap di masa mendatang karya mandiri anak bangsa ini dapat terus digunakan untuk kemaslahatan rakyat indonesia di berbagai sektor lainnya. (sumber: https://bssn.go.id/wp-content/uploads/2019/01/Rilis-PKS-BSrE-dengan-Dukcapil.pdf).<*>

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

semua download

Download

semua publikasi

Publikasi

Statistik

030899

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 30899
Hits hari ini : 824
Total Hits : 9988384
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Kominfo?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat