Sekda DIY : Kemajuan TI Merubah Perilaku Masyarakat

Kamis, 12 Mar 2020, 06:32:31 WIB, 222 View

Wonosari - perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat ternyata telah membawa dampak yang luar biasa bagi perilaku dan pola hidup masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai contoh kecil masyarakat sekarang lebih suka belanja secara online daripada belanja ke pasar/toko karena lebih praktis dan mudah, selain itu kemajuan TI juga telah mempengaruhi perekonomian di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam berbagai sektor antara lain; pariwisata, pendidikan, perdagangan, industri kreatif dan lain lain.

Demikian salah satu pernyataan yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah DIY, R. Kadarmanto Baskoro Aji dalam sambutan pembukaan literasi hukum siber nasional yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara RI di Royal Ambarukmo Hotel Yogyakarta, Sabtu (7/03).
Dikemukakan pula bahwa kesadaran masyarakat tentang regulasi yang mengatur tentang siber belum semuanya memahami sehingga perlu dilakukan upaya-upaya secara terus menerus untuk memberikan pemahaman maupun pengetahuan hukum siber kepada masyarakat.

“ Masyarakat banyak yang kurang memperhatikan regulasi atau hukum siber pada saat di undangkan, baru mempelajari setelah terjadi kasus atau disomasi terkait pemanfaatan atau penggunaan teknologi informasi,” kata Sekda DIY.
Ditegaskannya terjadinya pelanggaran regulasi siber bisa terjadi karena pengguna TI kadang tidak sadar kalau melakukan pelanggaran karena kurangnya pengetahuan regulasi siber.

Pada akhir sambutannya Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan kota pelajar dengan masyarakat yang heterogen berlatar belakang adat dan budaya yang berbeda menjadi tantangang tersendiri bagi pemerintah daerah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait regulasi siber, sehingga tersedia sumber daya siber yang baik meskipun juga terkenal sebagai salah satu pusat hacker di dunia.