Kunjungi LIPPI Bupati Melihat Ruang Pengalengan

Selasa, 15 Jun 2021, 08:41:24 WIB, 49 View

Wonosari - Kamis (10/06) Tim Liputan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul mengikuti kegiatan kunjungan kerja Bupati H. Sunaryanta dan Ketua TP PKK Kabupaten Gunungkidul Hj.Diah Purwanti Sunaryanta ke BPTBA LIPPI Gading, Playen. Kunjungan yang dilaksanakan bersama pengurus PKK Gunungkidul untuk mengetahui peran LIPPI sebagai lembaga penelitian dan pengembangan ilmu teknologi bidang pangan baik dari segi peternakan dan ilmu ternak, bidang ilmu dan teknologi pangan serta bidang kimia organik untuk dapat di jadikan daya dorong penguatan sektor usaha ekonomi UMKM sehingga lebih dapat berkembang dan benar-benar terasa kemanfaatanya bagi masyarakat memanfaatkan potensi pangan lokal.

Kepala LIPPI Satrio dalam sambutannya mengatakan dengan Jargon LIPI membumi dengan teknologi melayani dengan inovasi Telah melakukan berbagai penelitian di bidang teknologi bahan alam penelitian pemanfaatan hasil penelitian serta desiminansi hasil penelitian, salah satunya adalah pengalengan makanan. Pada kesempatan ini Bupati Gunungkidul dan Ketua TP PKK beserta rombongan di ajak untuk melihat secara langsung ruang produksi pengalengan.

Bupati Gunungkidul H.Sunaryanta sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan lembaga penelitian di Gading ini, harapanya dengan hasil peran besar dapat mewarnai pembangunan Gunungkidul. Sinergitas yang sudah dibangun dengan baik tetap di lanjutkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Gunungkidul secara luas.

Beberapa produsen lokal yang bekerjasama dengan LIPPI dalam penerapan teknologi pengalengan makanan tradisional Gunungkidul seperti Ingkung si mbok, Rendang Pak Bos, Sayur Lombok Ijo, Nilasari dan Gudeg Tuna, sementara untuk wilayah luar Jawa hampir seluruh Indonesia telah memanfaatkan teknologi pengalengan.

Program lain dalam.bidang pengembangan LIPI bekerjasama dengan Dinas OPD melaksanakan berbagai pendampingan berupa pelatihan, Lokus pelatihan pengolahan pengembangan produk makanan berbahan baku pangan lokal. Pelatihan dan pendampingan akan dilaksanakan di Kapanewon Gedangsari, Rongkop dan Semin.

Hadir dalam kunjungan kerja tersebut Bupati H.Sunaryanta, Ketua TP PKK kabupaten Gununhkidul Hj.Diah Purwanti Sunaryanta, Kepala BPTBA LIPPI Satrio Krido Wahono, Ketua Darmawanita LIPI Heppi Indah Kusumawati, Kepala BPD DIY cabang Gunungkidul, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Siti Isnaini Dekoningrum Nurhandayani, SH, Kepala Bidang Penelitian Pengembangan dan Pengendalian Rismiyadi, S.P, M.Si. Anggota TP PKK Gunungkidul dan Tim Peneliti dari BPTBA LIPPI. Sumber www.gunungkidulkab.go.id