Kominfo Tingkatkan Layanan Keterbukaan Layanan Informasi Publik Melalui PPID

Kamis, 06 Agu 2020, 11:36:03 WIB, 34 View

Wonosari - Sebagai Badan publik, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul sesuai dengan Undang-undang nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas Informasi Publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut untuk masyarakat luas. Adanya Keterbukaan Informasi Publik pada Badan Publik menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka yaitu hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi tingkat Kabupaten Gunungkidul terus berupaya untuk melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas dalam penyelenggaraan informasi publik untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan informasi publik, Dinas Komunikasi dan Informatika sebagaimana dikemukakan Sekretaris Dinas yang juga selaku PPID Pembantu, Joko Hardiyanto, yang didampingi Kasi PIK Bidang IKP, Didik Handoko di ruang kerjanya, bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul telah melakukan pengembangan pada website resmi Pemerintah Kabupaten Gunungkidul ( www.gunungkidulkab.go.id ) dengan penambahan menu terkait layanan publik dan akses informasi kepada masyarakat.

Dijelaskannya menu-menu tersebut diantaranya; berita pemkab, informasi publik, publikasi, pengadaan barang dan jasa, produk hukum, smart city, layanan pengaduan dan layanan pada website perangkat daerah.  Selain itu layanan informasi publik yang ada juga tersedia layanan online-nya, yang dapat di-akses melalui alamat  www.ppid.gunungkidulkab.go.id.

Ditambahkannya untuk layanan informasi masyarakat juga dapat melakukan akses melalui media sosial yang dikelola Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada kanal youtube, facebook, twitter dan instagram.

Berita terkait
Dialog Khusus AdiTV Sosialisasikan Perbup 68 Tahun 2020 Tentang AKB
Selasa, 22 Sep 2020, 09:34:49 WIB, Dibaca : 5 Kali
Publikasi Dokumentasi Salah Satu Layanan Terdepan Diskominfo
Kamis, 17 Sep 2020, 10:44:35 WIB, Dibaca : 14 Kali
Kadiskominfo Menjadi Narasumber Sespimmen Polri
Kamis, 17 Sep 2020, 10:09:44 WIB, Dibaca : 25 Kali