Workshop Optimalisasi Pemanfaatan TIK untuk Pengembangan Pariwisata

Bertempat di Ruang Rapat I  Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Workshop/Seminar OPD dengan tema "Optimalisasi Pemanfaatan TIK untuk Pengembangan Pariwisata Kabupaten Gunungkidul" pada Kamis (6/7/2017).

Hadir dalam workshop tersebut, beberapa Kepala OPD, Kepala Disperindag, Kelapa BKPPD, Kepala Satpol PP, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Camat, Sekcam dan beberapa struktural serta perwakilan OPD se-Kabupaten Gunungkidul.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gunungkidul, sekaligus sebagai keynote speaker dalam workshop. Ir. Drajad Ruswandono, MT sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini, apalagi memang konsentrasi visi RPJMD 2016-2021 Kabupaten Gunungkidul ingin “Mewujudkan Gunungkidul sebagai daerah tujuan wisata yang terkemuka dan berbudaya menuju masyarakat yang berdaya saing, maju, mandiri, dan sejahtera tahun 2021.”  Dalam paparannya, Bapak Sekda menyatakan komitmennya untuk terus mendukung program pembangunan TIK Kabupaten Gunungkidul. Berawal dari isu nasional, Nawacita Pak Jokowi-JK, isu di lingkungan DIY yaitu Jogja Cyber Province hingga mimpi kita bersama ingin mewujudkan Gunungkidul Cyber Regency.  Harapannya kita menjadi yang terdepan di DIY untuk melakukan percepatan pembangunan TIK.

Kebijakan Pembangunan TIK yang akan dilakukan oleh Kabupaten Gunungkidul dalam rangka menuju Tata Kelola pemerintahan berbasis Digital Government Service (DGS) melalui beberapa tahapan, yaitu percepatan pembangunan infrastruktur TIK, pengembangan aplikasi berbasis mobile, manajemen keamanan informasi dan diseminasi informasi secara cepat dan akurat, serta penataan dan peningkatan SDM TIK di lingkungan Kabupaten Gunungkidul.

Sebelumnya, Ir. Purnamajaya, MUM menyampaikan laporan sebagai penyelenggara kegiatan, dalam laporannya dengan pemanfaatan  TIK ini,maka dapat memudahkan kita untuk memperkenalkan objek –objek wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Perkembangan teknologi informasi mulai dirasakan dampak positifnya di Kabupaten Gunungkidul karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pariwisata mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan.

Sebagai pembicara yang lain, yaitu Dr. Dedy Permadi, Direktur Center for Digital Society FISIPOL UGM, menyampaikan konsep optimalisasi pemanfaatan TIK untuk Pembangunan Pariwisata. Dalam paparannya, Dr. Dedy menyemangati Kabupaten Gunungkidul supaya lebih baik lagi, tidak kalah dengan kompetitor atau Kabupaten/Kota lain. Ada filosofi menarik yang disampaikan, yang diadopsi dari Singapura, “kiasu” yang artinya jangan mudah kalah dengan yang lain. Jangan mudah menyerah dengan apa yang sudah diraih, terus berinovasi, sehingga bisa menjadi yang terdepan.

Dengan konsep yang matang, Gunungkidul mampu menjadi yang terdepan sesuai dengan harapan Bapak Sekda Kabupaten Gunungkidul. Dalam sesi tanya jawab, Direktur Center for Digital Society ini memberikan masukan kepada pemkab Gunungkidul untuk menyiapkan co working space, untuk memfasilitasi anak-anak muda Gunungkidul untuk lebih berkreasi dan inovatif, supaya bisa menjadi satu tempat yang terfokus dan dapat berkolaborasi dengan pemerintah daerah.

Dan narasumber yang terakhir adalah praktisi dari PT. Gamatechno Indonesia, Bapak Taufik Suryawan Edyna, manager of Government Services lebih banyak memaparkan tentang TIK Praktis untuk pemerintah daerah. Taufik memberi masukan untuk membuatkan 1 aplikasi terpusat (portal), dimana portal tersebut merupakan search engine untuk pemerintah daerah Kabupaten Gunungkidul, nanti ketika klik Kominfo baru masuk ke Dinas Kominfo, dll.

Closing statement dari Sekda Kabupaten Gunungkidul, kita harus mempunyai pemahaman yang sama bahwa TIK merupakan prioritas dalam rangka mendukung pembangunan Kabupaten Gunungkidul, untuk itu kita bersama-sama wujudkan semua stakeholder yang ada di lingkungan Kabupaten Gunungkidul.

Untuk materi paparan Sekda Kabupaten Gunungkidul bisa di download di sini, dan materi Dr. Dedy Permadi juga bisa didownload di sini juga. Serta materi terakhir dari pak Taufik Gamatechno bisa di download di sini. Hs

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

003381

Pengunjung Hari ini : 37
Total pengunjung : 3381
Hits hari ini : 244
Total Hits : 190289
Pengunjung Online : 2

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Kominfo?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat