Azman Latif : Aparat Tidak Boleh Memberikan Informasi Yang Tidak Benar

Senin, 11 Februari 2019

Suradiyana

Informasi

Dibaca: 211 kali

Gunungkidul – Dalam pelaksanaan tugas dan dalam kehidupan kesehariannya pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) sudah diatur dalam sebuah kode etik yang tertuang dalam regulasi yang berkiatan dengan kepegawaian atau ASN.

Sebagaimana pada kesempatan apel Senin (11/2), yang dilaksanakan jajaran Pemerintah Kabupaten Gunungkidul di Halaman Komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul, Wonosari. Bertindak selaku pembina apel Ir. Azman Latif, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika yang juga menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Gunungkidul dan petugas apel dan pembaca kode etik ASN dari Setda Kabupaten Gunungkidul.

Dalam amanatnya, Azman Latif menegaskan bahwa pegawai atau ASN dalam pelaksanaan tugas hendaknya dapat menjunjung tinggi kejujuran dan tidak memberikan informasi yang tidak benar.

“ Sebagaimana poin pertama, kode etik Pegawai Negeri Sipil yang dibacakan aparatur tidak boleh memberikan informasi yang tidak benar dalam pelaksanaan tugas maupun kesehariannya “.kata Azman Latif dihadapan Pejabat eselon II, III, IV dan PNS peserta apel.

Lebih lanjut ditambahkan pula yang tak kalah penting bagi pegawai, sebagai manusia pegawai harus senantiasa menjaga kesehatan jasmani dan rohani sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik serta dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Pada kesempatan terpisah, Kabag Umum Setda Kabupaten Gunungkidul, Sukis Heriyanto, didampingi Dwi Sunarti, Kasubag Tata Usaha Setda Kabupaten Gunungkidul menyampaikan bahwa pada apel Senin pagi ini dibacakan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil terhadap Diri Sendiri yang memuat sebelas (11) poin, hal tersebut sebagai salah satu sosialisasi kode etik pegawai negeri sipil yang sebenarnya ada enam (6) yang dituangkan dalam Peraturan Sekretaris Daerah selaku Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Sekretariat Daerah dengan Nomor : 860/009 tertanggal 28 Mei 2014 Tentang Kode Etik Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul. ditambahkan Dwi Sunarti, sebenarnya masing-masing OPD dapat menyusun kode etik bagi Pegawai Negeri Sipil yang ada dilingkungannya masing-masing dan dapat dibacakan pada setiap pelaksanaan apel di jajarannya. Adapun Kode Etik Pegawai Negeri Sipil, Etika terhadap Diri Sendiri, meliputi:

  1. Jujur dan terbuka serta tidak memberikan informasi yang tidak benar;
  2. Bertindak dengan penuh kesungguhan dan ketulusan;
  3. Menjaga profesionalitas kerja dan menghindari konflik kepentingan pribadi, kelompok atau golongan;
  4. Bersikap dan berperilaku sopan santun terhadap masyarakat, sesama Pegawai Negeri Sipil, bawahan dan atasan;
  5. Menjadi dan memberi contoh teladan yang baik;
  6. Menjaga tempat kerja dalam keadaan bersih, aman, dan nyaman serta peduli dengan situasi dan kondisi lingkungan kerja;
  7. Tidak melakukan perbuatan asusila atau tercela;
  8. Tidak memasuki tempat-tempat yang dapat mencemarkan kehormatan dan martabat Pegawai Negeri Sipil kecuali karena melaksanakan tugas kedinasan;
  9. Berpenampilan sedrhana, rapi dan sopan serta mengenakan pakaian dinas sesuai ketentuan yang berlaku;
  10. Menjaga keutuhan dan keharmonisan keluarga;
  11. Memelihara kesehatan jasmai dan rohani.

<*>

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

semua download

Download

semua publikasi

Publikasi

Statistik

030899

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 30899
Hits hari ini : 836
Total Hits : 9988396
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Kominfo?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat