Satu Peta Untuk Membangun Gunungkidul

Kamis, 20 Desember 2018

Suradiyana

Informasi

Dibaca: 301 kali

Gunungkidul – Demikian tema yang diangkat pada pertemuan forum e-goverment  tingkat Kabupaten Gunungkidul putaran yang keempat di tahun 2018 ini, forum yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul secara rutin setiap triwulan ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas, Prahasnu Aliaskar beserta jajarannya dengan peserta berasal dari perwakilan OPD se-Kabupaten Gunungkidul.

Forum e-goverment yang pada kesempatan ini dilaksanakan hari Kamis (20/12) bertempat di Aula Lantai 2, BMT Dana Insani, Kepek, Wonosari dengan nara sumber Joko Hardiyanto dari Dinas Kominfo yang menyampaikan materi Kebijakan Implementasi Satu Peta Untuk Gunungkidul dan Hari Sutanta dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta dengan materi Manajemen Geoportal.

Dalam sambutan pembukaan Plt. Kepala Dinas Kominfo yang dibacakan Sekretaris Dinas menyampaikan bahwa pada forum e-goverment ini akan disampaikan materi yang berkaitan dengan geospasial dalam kebijakan satu peta Gunungkidul sebagai acuan untuk penyusunan program pemanfaatan potensi atau wilayah yang berdasarkan satu peta.

Sementara itu dalam paparannya Joko Hardiyanto, dihadapan peserta menyampaikan bahwa data sebagai salah satu bahan pengambilan kebijakan maupun sumber informasi masyarakat tidak hanya informasi yang berupa tekstual saja namun juga mencakup informasi yang mengandung aspek kebumian (geospasial) dalam bentuk peta atau citra terkoreksi.

Seiring kemajuan teknologi terkait dengan peta ini, juga sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial.

“Kebijakan satu peta ini juga diperkuat dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta (KSP)”,jelas Kabid Persandian dan Statistik.

Ditambahkan Pak Joko, demikian sapaan akrabnya Kebijakan Satu Peta ini mengarahkan agar dalam penyusunan informasi geospasial serta pemanfaatannya harus memenuhi empat (4) hal, meliputi; satu referensi, satu standar, satu database dan satu geoportal. Sehingga forum e-goverment kali ini merupakan langkah awal sebagai rintisan untuk membangun dan mengembangkan geoportal di Kabupaten Gunungkidul.

Hari Sutanta, nara sumber dari UGM memaparkan materi terkait manajemen geoportal sebagai tindak lanjut dari kebijakan satu peta, yang telah diluncurkan Presiden RI pada tanggal 11 Desember 2018 yang lalu dengan harapan persoalan tumpang tindih lahan dapat selesai.

Forum e-goverment yang dipandu moderator Suparto, dari Yaninfo Dinas Kominfo Gunungkidul ini dilanjutkan dengan dialog dan tanyajawab peserta dengan nara sumber terkait tema yang dibahas.<*>

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

semua download

Download

semua publikasi

Publikasi

Statistik

030899

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 30899
Hits hari ini : 819
Total Hits : 9988379
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Kominfo?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat