Forum E-Gov Desa menuju Gunungkidul Smart Regency

Kamis, 12 Juli 2018

Suradiyana

Informasi

Dibaca: 119 kali

Wonosari – Langkah demi langkah Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menuju smart regency semakin terlihat nyata meskipun tantangan yang berat harus dihadapi, salah satunya dengan menyiapkan sumber daya manusia yang siap dalam mengelolanya. Berkaitan dengan hal tersebut Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan peningkatan sumber daya manusia berupa Forum E-Government Desa se-Kabupaten Gunungkidul. Forum e-Goverment desa dilaksanakan Rabu (11/7/2018) di Aula BMT Dana Insani Gunungkidul. Forum ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Dinas Komunikasi dan Informatika guna pengembangan dan percepatan implementasi E-Government di Kabupaten Gunungkidul.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Layanan Informatika, Kelik Yuniantoro, S.Sos, MM menekankan dalam laporan penyelenggaraan kegiatan, bahwa era saat ini penyelenggaraan pemerintah sudah mengarah ke smartcity, desa memiliki peran strategis dalam menunjang smartcity di Gunungkidul. Melalui penyelenggaraan forum ini diharapkan desa dapat meningkatkan pengelolaan Sistem Informasi Desa untuk menunjang smartcity.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul, Ir. Purnamajaya, M.UM dalam sambutannya, menyampaikan progress pengembangan infrastruktur TIK Kabupaten Gunungkidul mulai tahun 2017 hingga saat ini. Untuk mendukung Gunungkidul Smart City, telah dibangun Jalur Fiber Optik    29 OPD dan  Aktifasi Fiber Optik untuk 18 Kecamatan di Gunungkidul.

Forum e-gov dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Combine Resource Institution dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul dimoderatori oleh Suparto, MM. Kepala Seksi Pemberdayaan Informatika, Bidang Layanan Informatika, Diskominfo Gunungkidul.

Setiyo Hartato, SIP, Kepala Seksi Infrastruktur Bidang Layanan Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul, dalam paparannya menyampaikan bahwa langkah awal pembangunan membangun Gunungkidul Smartcity adalah dengan penguatan dan pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi di seluruh lembaga milik pemerintah Kabupaten Gunungkidul, termasuk desa. Dengan menguatnya infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan dapat mampu mempercepat integrasi seluruh infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi dan aplikasi yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Integrasi infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi dan aplikasi merupakan hasil akhir yang akan mampu mengakomodir kebutuhan produk digital bagi masyarakat.

Sementara Elanto Wijoyono, pemateri dari Combine Resource Institution, pada kesempatan ini menyampaikan bahwa konsep smartcity nantinya akan diterapkan untuk seluruh kabupaten/kota, yang berimplikasi pada desa untuk menyesuaikan dengan dengan kebijakan smartcity. SID merupakan bagian dari percepatan menuju smarcity, SID tidak hanya sebuah web desa, tetapi juga sebagai pengolah data, yang salah satunya digunakan untuk pengambilan keputusan . Sehingga data-data yang ada pada SID perlu diupdate secara berkala.<didik*>

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas