Sosialisasikan PPDB SMP di LPPL Radio Swara Dhaksinarga

Selasa, 03 Juli 2018

Suradiyana

Informasi

Dibaca: 2438 kali

Wonosari – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga serta Lembaga Ombusman Republik Indonesia (ORI) pada hari Selasa (3/7/2018) mensosialisasikan kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2018 melalui Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Swara Dhaksinarga FM 89.90 MHz.

Sosialisasi yang dikemas dalam program dialog interaktif ini menghadirkan nara sumber Kisworo, M.Pd Kepala Bidang Pendidikan SMP Dikpora yang didampingi Nur Samsu operator PPDB, Nugroho dari ORI dan Retnoningsih dari KP4, program ini dipandu oleh penyiar LPPL Riza.

Dalam paparannya Kabid Pendidikan SMP, Kisworo menyampaikan bahwa berdasarkan peraturan baru yang tertuang dalam Peraturan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Gunungkidul Nomor 01 Tahun 2018 Tentang Pedoman Umum Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018/2019, terdapat aturan bahwa untuk penerimaan peserta didik baru ditentukan melalui sistem zonasi. Dijelaskan Kisworo, khususnya pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan sistem ini tempat tinggal atau domisili peserta didik baru menjadi salah satu penentu utama di terima atau tidaknya peserta didik pada sekolah yang diinginkan. Karena penghitungan skor akhir peserta didik baru merupakan penjumlah skor jarak tempat tinggal dengan sekolah digabungkan dengan nilai ujian SD pada tiga mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA).

Sementara Nugroho dari ORI pada kesempatan ini menyampaikan bahwa terbitnya Permen terkait PPDB ini sangat mendesak dengan jeda waktu yang cukup singkat sehingga sosialisasi kepada masyarakat kurang maksimal, maka ORI melakukan pemantauan PPDB dengan harapan agar tujuan dari PPDB saat ini dalam menyamakan kualitas sekolah dapat terlaksana dengan baik.<*>

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas