Manfaatkan TIK Untuk Menuju Gunungkidul Smart City

Senin, 02 Juli 2018

Suradiyana

Informasi

Dibaca: 2585 kali

Wonosari – Pemanfaatan teknologi informatika dalam kehidupan masyarakat sudah menjadi sebuah kebutuhan sehari-hari, demikian pula dalam bidang pemerintahan untuk pelayanan kepada masyarakat maupun pemanfaatan lainnya. Hal tersebut menjadi tantangan yang harus disikapi secara bijak oleh jajaran aparatur sipil negara yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Mensikapi kemajuan teknologi informatika yang demikian pesat Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika secara berkala melaksanakan rapat koordinasi dengan organisasi perangkat daerah di Kabupaten Gunungkidul.

Rakor TIK dilaksanakan pada hari Jum’at (29/6/2018) di Bangsal Sewokoprojo Wonosari dengan peserta para Kasubbag Umum OPD dan perwakilan bidang Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul.

Sekretaris Daerah Ir. Drajad Ruswadono, MT dalam sambutannya via teleconference menyampaikan pemanfaatan teknologi merupakan kebutuhan untuk saat ini dalam rangka menuju Kabupaten Gunungkidul Smart Regency,namun juga banyak permasalahan yang harus dihadapi dalam pemanfaatannya.

“ Pemerintah hendaknya mencari solusi-solusi dalam mengurai permasalahan dalam pengelolaan TIK sehingga dapat bermanfaat dalam memberikan layanan kepada masyarakat dan stakeholder “.katanya.

Sementara itu Ir. Purnamajaya, MUM dalam paparannya mengemukakan bahwa pemanfaatan TIK di Kabupaten Gunungkidul masih kurang sehingga OPD diharapkan dapat menginventarisir layanan yang berbasis aplikasi elektronik, untuk selanjutnya dapat didesain secara elektronik atau dibuat aplikasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika melalui bidang Yaninfo.

“ Saat ini sudah ada enam aplikasi, yang dibuat secara mandiri oleh Dinas Komunikasi dan Informatika “,tegasnya.

Selain itu Kadiskominfo kepada peserta atau Kasubbag Umum OPD sebagai pendukung utama dalam pemanfaatan TIK untuk meningkatkan awareness dan kemampuan terhadap pemanfaatan, ketepatan dan kecermatan dalam penggunaan TIK menuju smart city yang merupakan pelayanan yang cerdas berbasis tiga unsur utama murah, cepat dan tepat.<*>

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas