Waspadai, VPN Filter Malware pada Jaringan

Kamis, 07 Juni 2018

Suradiyana

Informasi

Dibaca: 2500 kali

Wonosari – Berdasarkan press release yang dikeluarkan Badan Siber dan Sandi Negara RI pada tanggal 29 Mei 2018 yang lalu, perihal bahaya dan cara pencegahan VPN Filter Malware yang sekarang ini menyerang beberapa jenis perangkat router di penjuru dunia.  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul selanjutnya menerbitkan surat edaran kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan nomor 046/0503 perihal Pemberitahuan bahaya VPN Filter Malware yang dikeluarkan pada tanggal 31 Mei 2018.

Dijelaskan dalam surat tersebut bahwa VPN Filter Malware merupakan multi-stage yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data/intelijen dan operasi serangan siber yang bersifat destruktif yang menginfeksi perangkat jaringan SOHO (Small Office and Home Office) dan NAS (Network Attached Storage). Perangkat jaringan tersebut rentan terhadap infeksi malware ini disebabkan pada umumnya tidak dilengkapi dengan sistem keamanan tambahan seperti anti malware atau perangkat IPS (Instrusion Prevention System). Disampaikan pula dalam release BSSN RI bahwa terdapat sekitar 500.000 router yang terdapat di 54 negara terdampak oleh malware ini, termasuk di Indonesia.

Maka dari itu Ir. Purnamajaya Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul dalam suratnya menghimbau kepada OPD-OPD Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk mengambil langkah-langkah antisipasi untuk melakukan pengamanan pada perangkat-perangkat jaringan yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Adapun langkah-langkah yang disarankan pada pihak-pihak yang menggunakan perangkat yang terdampak malware ini adalah sebagai berikut:

  1. Backup Data dan Konfigurasi perangkat;
  2. Factory Reset dan Reboot perangkat;
  3. Non-aktifkan Fitur Remote Management;
  4. Gunakan password yang kompleks;
  5. Update Firmware perangkat. <*>

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas