Untuk Merespon Aduan Masyarakat, Dinas Kominfo selenggarakan Bimtek LAPOR – SP4N

Selasa, 05 Juni 2018

Suradiyana

Informasi

Dibaca: 2439 kali

Wonosari - Dalam rangka implementasi pelaksanaan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul, Selasa (5/6/2018) melaksanakan bimbingan teknis Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) – Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N). Kegiatan bimtek ini diikuti oleh Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) OPD se-Kabupaten Gunungkidul dan unsur sekretariat dari masing-masing OPD yang dilaksanakan secara paralel di dua tempat yang berbeda yaitu Ruang Rapat IV dan Ruang Rapat V komplek Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Dalam sambutan pembukaan Ir. Purnamajaya, MUM, Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul menyampaikan pemerintah atau penyelenggara negara wajib menindaklanjuti semua pengaduan, permohonan informasi maupun whistleblowing sistem dengan memanfaatkan teknologi informasi. “ Kalau jaman dulu dengan adanya pengaduan melalui surat kotak pos 5000 “. Tambahnya.

Adanya Kemajuan teknologi pada era globalisasi dan keterbukaan informasi yang terjadi pada saat ini menuntut penyelenggara negara atau pemerintah harus melaksanakan program kegiatannya secara transparan dan juga harus siap untuk menerima kritik maupun saran serta masukan dari masyarakat.

Narasumber pada pelaksanaan bimtek ini berasal dari Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul dan Dinas Kominfo Kabupaten Gunungkidul dengan materi Modul Pejabat Penghubung dan Tata Cara memberikan respon pengaduan masyarakat pada layanan LAPOR – SP4N.

Pelaksanaan bimtek di Ruang Rapat IV Setda Kabupaten Gunungkidul dipandu moderator Frans Edy Wardana (Bidang IKP Diskominfo) dengan narasumber Asih Tri Wahyuni (Bagian Organisasi) dan Hari Susanto (Diskominfo) sedangkan untuk yang bertempat di Ruang Rapat V Setda Kabupaten Gunungkidul dipandu moderator Irfan Ratnadi (Kabid IKP Diskominfo) dan narasumber Suprapti (Bagian Organisasi) dan Yuyun Retno Pamuji (Diskominfo).<*>

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas