Workshop Pemanfaatan Free Open Source Software

Senin, 21 Agustus 2017

Hari Susanto

Informasi

Dibaca: 162 kali

Kominfo-Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Aplikasi Bidang Layanan Informatika menyelenggarakan rapat kordinasi dengan tema kegiatan Workshop Free Open Source Software (FOSS) bertempat di Laboratorium SMP Negeri 1 Wonosari pada Kamis (16/8). Hadir dalam acara tersebut perwakilan OPD selaku operator komputer yang ditunjuk oleh masing-masing OPD.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul, Ir. Purnamajaya, MUM sekaligus sebagai keynote speaker. Beliau menyampaikan tentang tinjauan kebijakan Free Open Source Sofware dari sisi pemerintahan. Sejak adanya Surat Edaran Menkominfo pada tahun 2005 tentang Pemakaian dan Pemanfaatan Penggunaan Piranti Lunak Legal di Lingkungan Instansi Pemerintah, yang kemudian disusul oleh Surat Edaran Menpan pada tahun 2009, yang menginstruksikan agar instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah melalui pimpinannya untuk melakukan pengecekan penggunaan perangkat lunak di lingkungan dan menghapus semua perangkat lunak tidak legal, dan selanjutnya menggunakan Free & Open Source Software (FOSS) yang berlisensi bebas dan legal sebagai pengganti perangkat lunak tidak legal.  Selain itu beliau menyinggung, semoga Free Open Source bisa selamanya gratis karena ditakutkan ketika sudah booming ada pihak yang memanfaatkan untuk bisnis.

Narasumber lainnya adalah Fx. Pamenang Setyadarma, ST, M.Si, selaku Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Aplikasi, dan Dwi Adi Laksono yang merupakan praktisi dan penggiat Open Source di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Aplikasi menjelaskan tentang pemanfaatan FOSS di lingkungan instansi pemerintah. Beliau menjelaskan tentang tentang perkembangan penggunaan open source di Indonesia, mulai dari lahirnya Linux pada tahun 1991 hingga adanya edaran Menpan, dan saat itu pada tahun 2011 semua instansi pemerintahan harus menggunakan perangkat lunak legal. Memang pada saat itu tahun 2010, pemerintah Kabupaten Gunungkidul pernah mengeluarkan Surat Edaran Sekda dan sempat diadakan worksop pelatihan UGOS pada tahun 2011, namun sampai saat ini pemanfaatannya belum sampai pada penggunaan operasional kegaiatan perkantoran/office.

Bapak Pamenang juga menambahkan tekait pemanfaatan FOSS, bahwa FOSS lebih kompetitif dan terjangkau dibanding  dengan aplikasi lainnya, dan yang terpenting di lingkungan pemerintahan adalah penghematan anggaran (APBD/APBN) dalam belanja Operating Sistem dan Aplikasi legal lainnya.

Setelah itu dilanjutkan paparan oleh Dwi Adi Laksono, S.Kom, yang merupakan tim migrasi open source DIY pada tahun 2011. Beliau berbagi pengalaman tentang proses migrasi Open Source yang pada waktu itu bersama Dishubkominfo DIY. Permasalahan dan kendala di lapangan, salah satunya masih asing terhadap varian linux (distro linux). Selain itu banyak pegawai yang ketakutan menggunakan linux. Solusi yang ditawarkan di lapangan pada saat itu, pertama diunistall habis windows bajakan dan diinstal linux, yang kedua dibuat dual booting, yang pertama linux, yang kedua windows, tapi nanti kedepannya semua harus linux karena 31 Desember 2011 merupakan batas akhir menurut Surat Edaran Menpan pada saat itu.

Pak Dwi Adi Laksono juga memaparkan linux secara umum, sekarang banyak sekali putra bangsa yang mengembangkan linux, karena linux bersifat open source. Contohnya yang terkenal adalah blankon, ugos, igos nusantara, grombyangOS, tealinuxOS dan lain-lain. Dan beliau juga pernah mengembangkan Sleman OS yang masih digunakan sampai sekarang untuk kegiatan perkantoran di Kabupaten Sleman.

Di akhir paparan, Pak Nono, nama panggilannya menjelaskan pemanfaatan aplikasi perkantoran yang bisa diterapkan di Kabupaten Gunungkidul. Beliau menggunakan Libre Office, walaupun memang tampilannya tidak seperti Microsoft Office tetapi fungsi-fungsinya sama. Pak Nono, juga mendemokan penggunakan Libre Office dan memberikan alternatif pemanfaatan WPS yang mirip dengan Microsoft Office. Untuk materi libre office bisa di download di sini.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

006269

Pengunjung Hari ini : 16
Total pengunjung : 6269
Hits hari ini : 64
Total Hits : 214976
Pengunjung Online : 3

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Kominfo?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat