Forum E-Government Desa Se-Kabupaten Gunungkidul

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Forum e-government yang berlokasi di komplek Bangsal Sewokoprojo dengan tema " Optimalisasi Website sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi kebijakan pembangunan". Dalam Acara tersebut hadir Staf Ahli Bupati kabupaten Gunungkidul bidang Hukum dan Pemerintahan : I Ketut Santosa, SE, MSi. yang menyampaikan bahwa pembangunan TIK Kabupaten Gunungkidul harus mengarah pada tujuan besar pembangunan, isu strategis serta sinergi dengan tema prioritas pembangunan Kabupaten Gunungkidul.

Kebijakan pemerintah daerah dalam era keterbukaan saat ini memerlukan media penghubung, agar informasi yang tersampaikan dapat diketahui dan dipahami oleh masyarakat kabupaten Gunungkidul. Forum e-government Desa merupakan sebuah agenda rutin yang diharapkan mampu menjembatani kepentingan pemerintah daerah sekaligus sebagai media sharing lintas desa. Sehingga dapat terbangun sistem komunikasi yang disepakati dalam memanfaatkan produk-produk teknologi serta keseragaman kebijakan yang saling mendukung antara pemerintah desa dengan pemerintah daerah dalam hal pembangunan desa berbasis TIK.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam paparannya menyampaikan tentang "Pembangunan Desa Berbasis TIK". Terdapat banyak sekali peluang dan potensi yang bisa digarap oleh desa dalam sektor TIK. Namun dalam pelaksanaannya memerlukan konsep dan keterpaduan lintas sektor. Kondisi infrastruktur, desa juga dituntut menemukenali peluang dan potensi yang dapat dikembangkan melalui pembangunan TIK.

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memprioritaskan pembangunan TIK yang diawali dari desa, hal ini mutlak perlu segera diwujudkan karena ruh pembangunan masyarakat berada di desa. Saat ini desa sudah memiliki aplikasi bantu serupa Sistem Informasi Desa. Namun dalam pelaksanaannya perlu terus ditingkatkan mutu dan kualitas informasi yang terampil dalam website tersebut. Sehingga diperlukan upgrade kapasitas operator TIK desa, baik dengan wawasan teknis maupun non teknis.

Pada kesempatan ini juga diundang Jurnalis Senior dari Kabupaten Gunungkidul Endar Widodo untuk memberikan materi bimbingan teknis jurnalistik. Hal ini bertujuan agar operator website desa memiliki kompetensi dalam teknis penulisan berita. Dengan meningkatnya kemampuan teknis jurnalistik pemerintah daerah berharap desa mampu menciptakan iklim informasi positif yang mampu mendorong pembangunan dan ramah terhadap investasi.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

008719

Pengunjung Hari ini : 20
Total pengunjung : 8719
Hits hari ini : 220
Total Hits : 244885
Pengunjung Online : 2

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Kominfo?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat