Rakor Integrasi Kanal Pemerintah Daerah se-DIY dan Jawa Tengah

Yogyakarta - Bertempat di Pesona Tugu Hotel digelar Rakor Integrasi Kanal Pemda se DIY dan Jawa Tengah oleh Direktorat Kemitraan Komunikasi, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika pada Senin (15/05). Kegiatan ini merupakan langkah strategis Kementrian Kominfo untuk mendiseminasikan informasi publik dari pusat maupun dari daerah dalam rangka mengoptimalkan fungsi Government Public Relations (GPR).

Acara dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Menteri Kominfo Republik Indonesia, Bapak Prof. Dr. Drs. H. Henry Subiakto, SH, MA dan sekaligus memberikan wejangan untuk meningkatkan kiprah Kominfo di Era Digital.  Narasumber lain dalam acara ini adalah Ibu Rosita Niken Widiastuti  selaku Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik dan Bapak Alois Wisnuhardana sebagai Kepala Manajemen Media Sosial Kantor Staf Kepresidenan, dan dimoderatori oleh Direktur Kemitraan Komunikasi, Bapak Dedet Surya Nandika.

Kominfo

Narasumber : Bapak Dedet Surya Nandika, Ibu Rosita Niken Widiastuti, dan Alois Wisnu Hardana (foto: Hari Susanto)

Agenda utama dalam rapat koordinasi ini  adalah membentuk satgas medsos, kedepannya diharapkan untuk mempercepat proses penyebaran informasi dan melakukan counter attack terhadap berita negatif sehingga dapat meminimalisir efek negatif berita hoax yang cenderung menyesatkan. Fenomena berita hoax yang kini merebak dan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, menjadi tugas Dinas Kominfo dalam memberikan berita yang benar dalam tempo waktu yang cepat.

Sinergi media sosial di tingkat daerah Kepala Daerah dengan jajaran dibawahnya, saat ini merupakan hal yang sangat signifakan dalam mendistribusikan informasi karena sifatnya yang lebih cepat sehingga dapat mendukung terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien. Sebagai contoh pada saat  kasus serangan program jahat Malware Ransomeware atau WannaCrypt, diperlukan diseminasi informasi yang cepat dalam rangka menangkalnya, keberadaan media sosial dipandang merupakan media yang tepat dan cepat dalam menyebarkan informasi tersebut kepada semua pihak yang berkepentingan.

Kominfo Kabupaten Gunungkidul juga sudah mengintegrasikan widget GPR Kementrian Kominfo di website ini sebagai bentuk komitmen integrasi Kanal Pemerintah Daerah. Semua kegiatan kominfo akan didiseminasikan melalui twitter @kominfogk dan Fan Page @kominfogunungkidul secara real time.  (tim_aplikasi)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Statistik

008720

Pengunjung Hari ini : 21
Total pengunjung : 8720
Hits hari ini : 230
Total Hits : 244895
Pengunjung Online : 3

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Kominfo?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat