All About SEO (Bagian 1)

Sabtu, 15 April 2017

Hari Susanto

Artikel

Dibaca: 556 kali

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat website kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Contoh SEO

Saya mempunyai sebuah berita di website portal gunungkidulkab.go.id yaitu “Ringkasan LPPD Tahun 2016”, kemudian saya optimasi halaman berita tersebut dengan teknik SEO yang saya gunakan dan dengan mentarget kata kunci “Ringkasan LPPD Tahun 2016”, setelah saya optimasi dengan baik alhamdulillah halaman tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang saya target tersebut seperti pada gambar berikut:

Contoh Penerapan SEO

Sekarang sudah mulai mengerti mengenai Search Engine Optimization kan? Jika belum silahkan baca sekali lagi sampai benar-benar paham atau baca juga pengertian seo dari wikipedia.

MANFAAT SEO

Banyak sekali keuntungan dari melakukan SEO yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu, namun kali ini  akan akan dijabarkan beberapa manfaat di bidang pemerintahan/e-government diantaranya:

  1. Mendatangkan Traffic/Pengunjung yang Banyak
    Kita semua pasti tahu jika website berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.
  2. Meningkatkan Branding
    Kalau dalam pemerintahan, branding ini diperlukan untuk semakin mencetharkan layanan kepemerintahan di dunia maya. Jika suatu website menjual suatu produk atau barang misalnya tokopedia.com yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah pasti tokopedia akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.
  3. Meningkatkan Daya Saing Kinerja Pemerintah Daerah
    Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu website lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi. Misalnya ketika search kata "smart city", maka DKI Jakarta yang menempati urutan pertama tentunya memiliki kinerja yang yang lebih baik.

Sekilas Sejarah SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Dasar SEO Yang Wajib Diketahui

Dasar SEO ini merupakan pondasi yang wajib diketahui oleh webmaster di dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika ingin menjadi webmaster atau ahli SEO supaya website kita berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci sesuai target.

Perlu diketahui banyak orang yang bilang dasar SEO itu ada dua dan juga ada yang bilang kalau dasar seo itu ada tiga. Manakah yang benar? menurut saya sendiri semuanya benar, yang salah itu koruptor uang negara :). just kidding.

Hanya saja untuk mereka yang mengatakan dasar SEO itu ada tiga berarti dia hanya menambahkan  Keyword Research ke dalam dasar seo nya dan itu memang benar karena SEO tanpa riset keyword rasanya percuma seperti mencari alamat palsu ^_^.

Jadi apa saja dasar dari SEO, akan kita bahas satu persatu di Bagian 2. See u. Semoga bermanfaat.

Sumber: wikipedia

Berita Terkait

    Komentar via Facebook

    Kembali ke atas