Data Sebagai Sumber Perencanaan Program Kegiatan

Kamis, 13 Desember 2018

Suradiyana

Informasi

Dibaca: 162 kali

Gunungkidul – Dalam sambutannya, Azman Latif mengemukakan bahwa data merupakan sumber dalam suatu perencanaan suatu program kegiatan yang akan dilaksanakan, selain itu disampaikan pula data juga sebagai bagian penting dalam pengambilan keputusan atau kebijakan suatu organisasi atau lembaga pemerintahan. Data yang dipergunakan harus valid dan dapat dipertanggungjawabkan. “Data harus valid, dapat dipertanggungjawabkan dan data juga harus sah artinya dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang dan berkompeten, dalam hal ini adalah BPS”.kata Plt. Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Gunungkidul, Azman Latif pada acara ekspose data statistik makro ekonomi Kabupaten Gunungkidul Tahun 2018 yang digelar di Ruang Rapat BKAD, Lantai 3 Komplek Perkantoran Bupati Gunungkidul sayap utara. Hadir pada acara ini Sekretaris Dinas Kominfo, Kabid Persandian dan Statistik, perwakilan OPD, Lembaga Pemerintah Vertikal, Perbankan dan perwakilan Desa di Kabupaten Gunungkidul.

Dalam kesempatan ini, Kepala BPS Gunungkidul, Sumarwiyanto, dihadapan peserta dan hadirin memberikan gambaran tentang tugas dan kewenangan Badan Pusat Statistik secara umum.

Statistik yang diolah oleh BPS merupakan data statistik dasar yang bersifat makro, lintas sektoral dan bersifat nasional, sehingga data BPS harus dapat dibandingkan dengan wilayah atau daerah lain di Indonesia.

“Dalam pengolahan data, BPS memiliki konsep, definisi dan metodologi yang sama serta dalam pengumpulan data juga dilaksanakan dalam waktu yang sama secara serentak”.jelas Sumarwiyanto.

Dikemukakan pula bahwa salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh BPS dan sudah dikenal masyarakat yaitu Sensus yang dalam pelaksanaannya memiliki tujuan untuk mendapatkan kerangka sampel dalam pemenuhan kaidah statistik. Selain itu disampaikan pula penjelasan tentang arti warna logo BPS yang diterangkan bahwa warna biru berarti data tentang kependudukan, warna hijau berarti data tentang pertanian dan warna kuning memiliki arti data tentang ekonomi.

Ekspose diisi dengan paparan data makro ekonomi Kabupaten Gunungkidul dan data kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul oleh tim dari BPS Gunungkidul yang dipandu oleh Joko Hardiyanto, Kepala Bidang Persandian dan Statistik Dinas Kominfo Kabupaten Gunungkidul.<*>

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

Berita Gunungkidul





semua agenda

Agenda

semua download

Download

semua publikasi

Publikasi

Statistik

030808

Pengunjung Hari ini : 1
Total pengunjung : 30808
Hits hari ini : 119135
Total Hits : 1703684
Pengunjung Online : 1

Jajak Pendapat

Bagaimanakah tampilan website Kominfo?
Sangat Puas
Puas
Cukup Puas
Kurang Puas

Lihat